Situs Judi Online Tergacor 2022

Ketertarikan Siswa terhadap Bahan Bacaan | Rachman (Scopus ID: 57196124340; H Index : 1) | Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan

Ketertarikan Siswa terhadap Bahan Bacaan

Yeni Budi Rachman (Scopus ID: 57196124340; H Index : 1), Margareta Aulia Rachman, Yuliana Mukti Rachmawati

Sari

Penelitian ini mengidentifikasi ketertarikan siswa sekolah dasar siswa kelas dua di Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1 Depok Baru, Kota Depok, Jawa Barat terhadap bahan bacaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 2 SDN Anyelir 1 Depok Baru memiliki ketertarikan sendiri terhadap bahan bacaan. Genre bacaan yang mereka sukai meliputi kisah-kisah agama hingga cerita fiksi berbentuk komik dan novel pendek. Hasil temuan memberikan saran bahwa orang tua perlu mengenalkan variasi bacaan lain seperti koran dan memberikan pendampingan kepada anak dalam membaca komik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (1998) Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Elliot, J.A. (2015). Middle school leisure reading selection: influences during selection and implications for school library programs, Graduate Research Papers, paper 64. Available at: http://scholarworks.uni.edu/grp/64 (Tanggal akses 29 Januari 2018)

International Federation of Library Association and Institution (IFLA). (2003). The background text to the Guidelines for Children's Libraries Services. Libraries for Children and Young Adults IFLA Section. Available at https://www.ifla.org/files/assets/libraries-for-children-and-ya/publications/guidelines-for-childrens-libraries-services_background-en.pdf. (Tanggal akses 20 Maret 2018).

Kindergarten and Primary Section, Curriculum Development Institute, Education Bureau Hong Kong. (2010). Parent-child reading is fun: for parents of children aged 6 to 9. Available at: http://www.edb.gov.hk/pere. (Tanggal akses 20 Maret 2018).

Ministry of Education and Save the Children International, Bhutan Country Office, Thimphu. (2016). Selection Criteria for Books for Children. Available at http://rec.gov.bt/blog/2016/08/03/selection-criteria-for-books-for-children/. (Tanggal akses 20 Maret 2018).

Powell, Ronald R. dan Lynn Silipigni Connaway. (2004). Basic Research Methods for Librarians. Westport, Conn: Libraries Unlimited.

Rachman, Margareta Aulia, Yeni Budi Rachman dan Yuliana Mukti. (2017). Panduan Mendongeng Efektif Bagi Orang Tua. Depok: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB Universita Indonesia.

Rachman, Margareta Aulia, Yeni Budi Rachman dan Yuliana Mukti. (2017) Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Depok: Studi Kasus di SDN Anyelir 1 Depok Jaya. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, vol 19 (2), Oktober 2017, hlm. 20-77. Depok: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB Universitas Indonesia.

Widyastuti, Ana. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.